Card image
Zakat Profesi

Sahabat, ada zakat yang harus dikeluarkan dari setiap penghasilan yang kita terima.

Era modern saat ini bermunculan profesi-profesi baru dengan gaji yang besar. Akibat dari transformasi dunia dari era agraris menuju era industri dan puncaknya di era informasi yang sekarang ini sangat mengandalkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi.

Apakah profesi dengan gaji yang besar wajib mengeluarkan zakat?

Seseorang yang memanfaatkan keahliannya atau kompetensinya dalam suatu profesi dengan tujuan mendapatkan upah, maka upah itu menjadi harta dagang karena ada unsur saling menukar (mu’awadhah). Dikutip dari (Taqiyuddin Abu Bakar Ibn Muhammad al-Husaini, t.t.:178).

Berlaku jugakah ketentuan setahun penuh (haul) bagi zakat kekayaan hasil kerja? Ataukah digabungkan dengan zakat hartanya yang sejenis ketentuan waktunya mengikuti waktu setahun harta lainnya yang sejenis itu? Atau wajib zakat terhitung saat harta tersebut diperoleh dan sudah terpenuhi syarat-syarat zakat yang berlaku seperti cukup nisab, bersih dari hutang, dan lebih dari kebutuhan-kebutuhan pokok?

Meskipun pendapat ulama'-ulama' fikih yang terkenal adalah bahwa masa setahun merupakan syarat mutlak setiap harta benda wajib zakat, baik harta benda penghasilan atau bukan. Hal itu berdasarkan hadist-hadist mengenai ketentuan masa setahun tersebut dan penilaian bahwa hadist-hadist tersebut berlaku bagi semua kekayaan termasuk harta hasil usaha. Namun dalam hal ini para sahabat  berbeda pendapat. Adapun Nisabnya 653 kg padi atau 522 kg beras. Dan dikeluarkan setiap mendapatkan upah atau gaji. Kadar zakatnya 2,5%. Adapun cara menghitungnya adalah:

  1. Penghasilan keseluruhan x 2,5%
  2. Penghasilan - Pengeluaran pokok x 2,5%

Sahabat, Zakat hasil pendapatan dan jasa dari profesi tertentu sejatinya akan membuat harta semakin berkah, produkif dan prospektif. Tentunya melalui mandiri bersama. Zakat sahabat akan bermanfaat luas bagi yatim dan dhuafa’.

Sebarkan Kebaikan Anda

ZAKAT MANDIRI adalah Platform Donasi Digital milik LAZNAS Yatim Mandiri, sebagai media untuk memudahkan Donatur dalam menunaikan kewajiban Zakatnya.